Jumat, 19 September 2014

Efek Negatif dari Selfie

Ternyata tren selfie atau foto diri belum juga reda. Fenomena ini membuat banyak orang terobsesi untuk berlomba-lomba membuat selfie  terbaik. Seiring waktu, satu per satu, efek negatif dari selfie , alias berfoto diri. Apa sajakah? Berikut uraiannya.
1. Obsesi 
Berdasarkan penelitian orang yang terobsesi dengan selfie  secara psikologis diklaim terobsesi dengan dirinya sendiri. Sebab, hobi memotret diri sendiri merupakan refleksi sikap yang merasa diri cantik dan sempurna dibandingkan orang lain. Selain itu, selfie juga merupakan bukti rasa percaya diri yang rendah.
2. Respons negatif dari lingkungan sekitar 
Mungkin hasil selfie  membuat penampilanmu tampak lebih cantik dan menarik. Namun, bagaimana dengan realitanya? Apakah kita secantik seperti di foto?  Inilah yang akhirnya menimbulkan pertanyaan dari lingkungan sekitar. Efek negatif dari selfie  lainnya adalah tak jarang, dalam sejumlah kasus, beberapa orang malah berakhir menjadi bahan olok-olok di media sosial.
3. Menimbulkan rasa iri
Melihat selfie  teman yang cantik, secara tak sadar, kita jadi membandingkan diri dengan orang lain. Akhirnya, hal yang demikian pun jadi memengaruhi kepercayaan diri kita.
4. Krisis percaya diri 
Selain masyarakat pada umumnya, sejumlah selebriti dunia juga kegandrungan dengan selfie.  Nah, melihat para selebriti rupawan tersebut berpose begitu menawan, kita merasa begitulah yang cantik.
5. Narsis berlebihan 
Penelitian menunjukkan orang yang gemar selfie  umumnya haus perhatian dan menginginkan perhatian lebih dari lingkungannya.
6. Banyak yang benci 
Hasil penelitian di Inggris menunjukkan bahwa banyak pertemanan rusak karena salah satu pihak gemar selfie . Sebab, banyak orang mengaku kesal melihat orang yang sering berpose selfie  dan mengunggahnya ke media sosial. 

cr: kompas.com / GIRLS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar