Selasa, 02 September 2014

Cara Mengatasi Demam Panggung

Siapkan diri
Salah satu penyebab demam panggung adalah merasa kurang siap, sehingga berpengaruh pada rasa percaya diri. Oleh karena itu, sebelum tampil, persiapkan diri sebaik mungkin, baik siap mental maupun siap materi. Caranya, dengan tekun berlatih, memperbaiki kekurangan yang ada. 

Berlatihlah di depan orang lain
Berlatih tampil di depan beberapa orang juga cukup ampuh untuk mengatasi demam panggung. Misalnya, tampil di depan anggota keluarga atau beberapa teman. Kadang, demam panggung terjadi karena kita kurang terbiasa tampil di hadapan banyak orang. Akan lebih baik lagi bila mereka juga memberi penilaian terhadap penampilan kita, karena hal itu akan menjadi masukan untuk perbaikan penampilan kita nantinya.

Rileklah sebelum tampil
Rasa gugup biasanya datang saat kita menunggu giliran untuk tampil. Nah, rasa gugup sebelum tampil ini bisa diatasi dengan mencoba rileks, seperti berdoa, mengobrol, mendengarkan musik, atau bermain game . 

Bila melakukan kesalahan
Nah, ketika tiba giliran kita untuk tampil, demam panggung biasanya muncul dengan degup jantung makin cepat. Pada saat seperti ini, usahakan tidak langsung memulai penampilan kita. Cobalah diam sejenak, lalu tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan-lahan, agar perasaan kita rileks dan tenang. Setelah itu, barulah kita mulai mempertunjukkan kebolehan kita.Keadaan ditatap banyak orang saat tampil, kadang juga membuat kita gugup. Nah, untuk mengatasinya, usahakan tidak menatap mata penonton.

Bila saat tampil tanpa sengaja kita melakukan kesalahan, usahakan tidak langsung panik. Tetaplah tenang dan segeralah melakukan improvisasi (melakukan sesuatu secara spontan) untuk menutup kesalahan tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar